Senin, 05 Januari 2015

Sejarah Desain Grafis

Desain Grafis 
Desain grafis merupakan bahasa yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi tertentu, biasanya informasi yang disampaikan adalah dalam bentuk visual (gambar). Seperti jenis desain lainnya desain grafis merujuk kepada proses pembuatan dan juga proses perancangan. Sedangkan untuk kategorinya Desain Grafis dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu 2Dimensi dan 3Dimensi.

Sejarah Desain Grafis
            Kata Desain grafis (Graphic Design) pada awalnya diperkenalkan oleh Willian Addison Dwiggins seorang Desainer berkebangsaan Amerika pada buku yang berjudul New Kind of Printing Calls for New Design pada tahun 1922. Sedangkan Raffe’s Graphic Design (1927) dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis. Akan tetapi sebenarnya manusia telah mengenal bentuk-bentuk desain grafis pada zaman dahulu, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya seni menggambar di dinding gua. Selain itu juga dapat dilihat pada zaman Romawi manusia sudah mengenal huruf alphabet yang masih digunakan hingga saat ini.
            Henry Cole menjadi salah seorang yang paling berpengaruh dalam pendidikan desain di Inggris, ia meyakinkan pemerintah tentang pentingnya desain dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures. Dia menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya Victoria. Dari tahun 1891 sampai 1896, Percetakan William Morris Kelmscott mempublikasikan buku karya desain grafis yang dibuat oleh gerakan Arts and Crafts, Morris membuktikan adanya potensi pasar untuk produk-produk desain grafis. Morris juga mempelopori pemisahan desain grafis dari seni rupa. Sedangkan  pada tahun 1920, Aliran konstuktivisme di Uni Soviet melihat seni yang berorientasi individu, mereka mendesain bangunan, perangkat teater, poster, kain, pakaian, perabot, logo, menu, dll. Hingga pada pasca Perang Dunia II kebutuhan akan Desain Grafis semakin meningkat, terutama untuk mengiklankan sebuah produk. Hal ini pula yang membuat Desain Grafis meningkat pesat pada abad 20, sehingga perkembangannya diikuti oleh negara-negara lain di dunia.

Peralatan Desain Grafis

            Dahulu peralatan yang digunakan untuk membuat Desain Grafis begitu sederhana, kita dapat menggunakan indra kita untuk menciptakan sebuah Desain Gambar dan lainnya. Akan tetapi perkembangan teknologi di semua bidang membuat pekerjaan dalam menciptakan sebuah desain jadi lebih mudah. Kedatangan desktop publishing pada tahun 1980 menjadi awal modernisasi dalam membuat desain, kita dapat membuat suatu objek hanya dengan memanipulasi gambar atau bentuk dengan bantuan software pada computer yang sebelumnya merupakan pekerjaan susah. Beragam aplikasi ditawarkan untuk membuat sebuah desain, diantaranya Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Coreldraw, dll. Sedangkan untuk desain berupa 3Dimensi kita dapat menggunakan 3D StudioMax, Google SketchUp, Blender, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar