Pengantar
Bisnis Informatika
Bisnis
Informatika
Bisnis
Informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang
yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang
dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi
disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti
internet.
Peran
Teknologi dalam Bidang Bisnis
Didalam dunia bisnis penggunaan teknologi merupakan suatu keharusan pada saat ini karena hampir semua kegiatan saling terhubung dengan perangkat teknologi, salah satu contohnya adalah pemasaran suatu produk melalui internet. Berikut ini akan dijelaskan penggunaan teknologi informasi dalam beberapa bidang bisnis.
- Didalam Sistem
Informasi Manajemen
Sistem
Informasi Manajemen (Management Information System – MIS), merupakan sistem
informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak di bidang
perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, atau perusahaan
kecil. SIM dapat diterapkan pada semua tingkat atau level manajemen yang ada
yaitu manajemen tingkat atas (top management), manajemen tingkat menengah
(middle management), dan manajemen tingkat bawah (lower management).
- Didalam Bidang Perdagangan,
Seperti
department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang
dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan
oleh pihak manajer hanya dari ruang kerjanya secara cepat dan tepat, untuk
scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi, inventaris, dan
sebagainya.
- Didalam Bidang Perbankan,
Salah
satu solusi sistem informasi perbankan telah diperkenalkan oleh perusahaan
besar seperti Hewlett-Packard (HP), yang bekerja sama dengan Infosys telah
memperkenalkan solusi core banking, yang disebut Finacle kepada bank-bank di
Indonesia. Finacle memberikan solusi bagi bank yang ingin melakukan up-grade
terhadap sistem yang telah mereka miliki. Dengan menggunakan Finacle, up-grade
sistem bisa dilaksanakan dengan resiko investasi maupun kegagalan migrasi yang
rendah. Ini penting bagi bank-bank agar mampu menghadapi siklus bisnis yang
selalu berubah. Dengan solusi terpadu ini – berupa software dan hardware,
jaringan, sistem integrasi, serta opsi consulting dan outsourcing – bank juga
akan memiliki nilai tambah sehingga menjadi lebih kompetitif.
Kesimpulan
Perkembangan
teknologi informasi telah mempengaruhi kebijakan dan strategi dunia usaha
perbankan yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan persaingan di bidang
layanan terutama jasa layanan pembayaran melalui bank. Inovasi jasa layanan
perbankan yang berbasis teknologi tersebut terus berkembang mengikuti pola
kebutuhan nasabah bank. Transaksi perbankan berbasis elektronik, termasuk
internet dan menggunakan handphone merupakan bentuk perkembangan penyedia jasa
layanan bank yang memberikan peluang usaha baru bagi bank yang kerakibat pada
perubahan strategi usaha perbankan, dari yang berbasis manusia (tradisional)
menjadi berbasis teknologi informasi yang lebih efisien dan praktis bagi bank.
Pada perusahaan jasa seperti perbankan komputer digunakan untuk menghitung
bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan sebagianya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar