Minggu, 05 Oktober 2014

Banjir Jakarta

Banjir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi karena banyaknya intensitas air hujan yang turun, akan tetapi pada saat ini banjir lebih sering diakibatkan karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab seperti membuang sampah sembarangan termasuk membuang sampah ke sungai, selain itu juga sempitnya aliran sungai juga menjadi penyebabnya. Perilaku inilah yang membuat banjir sering terjadi pada setiap waktu seperti yang terjadi di Ibu Kota Jakarta.
Banjir selalu menghambat aktifitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh warga, hal ini juga berdampak pada sektor ekonomi. Salah satu contohnya adalah banyak karyawan yang tidak dapat masuk kerja sehingga kegiatan perusahaan tidak berjalan dengan baik seperti biasanya.
Banyak pihak menyayangkan kejadian ini dan menyalahkan pemerintah dengan keadaan seperti ini, padahal pencegahan hal ini dapat dilakukan dengan adanya peran serta masyarakat dalam mencegahnya. Salah satu hal sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan tidak membuat sampah disembarang tempat, selain itu juga jangan membangun rumah dibantaran sungai agar tidak menghambat aliran sungai. Kerja Bakti juga merupakan cara sederhana lainnya yang dapat dilakukan masyarakat. Dengan langkah ini maka akan diperoleh hasil seperti diharapkan. Intinya adalah peran aktif masyarakat yang harus dilakukan seiring dengan upaya pemerintah dalam menanggulangi banjir, terutama di Ibu Kota Jakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar